Honda Jateng Logo

Penting bagi pemilik sepeda motor Honda untuk mengetahui cara klaim garansi yang diberikan pada setiap pembelian sepeda motor baru. Garansi adalah jaminan produsen jika terjadi kegagalan fungsi di luar kesalahan pengguna dalam jangka waktu tertentu dari PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai produsen sepeda motor Honda di Indonesia. 

Pemilik sepeda motor Honda baru hanya dapat melakukan klaim garansi di seluruh jaringan bengkel resmi Honda atau AHASS. Sebelum melakukan klaim garansi di AHASS, baca dan pahami syarat dan ketentuan garansi yang diberikan.  

Berikut tata cara claim garansi di AHASS: 

  1. Datanglah ke AHASS terdekat dan sampaikan keluhan secara jelas dan lengkap kepada service advisor. 
  2. Bawalah kelengkapan surat dan dokumen sepeda motor baru seperti STNK dan buku service. Service advisor akan melakukan pemeriksaan dokumen dan analisa speda motor Honda. 
  3. Selama pemeriksaan sepeda motor dilakukan oleh Service Advisor Honda, konsumen bisa menunggu di ruang tunggu yang sudah disediakan. 
  4. Service Advisor akan memberi tahu pemilik sepeda motor Honda jika ada komponen yang harus diganti. 
  5. Sepeda motor Honda akan diserahkan kembali kepada konsumen setelah dokumen yang diperlukan lengkap dan setelah dilakukan perbaikan. 

Jenis Garansi 

  • Garansi mesin – 3 tahun atau 30,000 KM tergantung mana yang lebih dulu dicapai. 
  • Garansi rangka dan sistem kelistrikan – 1 tahun atau 10,000 KM tergantung mana yang lebih dulu dicapai. 
  • Garansi komponen PGM-FI (khusus untuk motor berteknologi PGM0-FI) – 5 tahun atau 50,000 KM tergantung mana yang lebih dulu dicapai. 

Ketentuan Garansi 

Garansi ini hanya berlaku untuk penggantian atau perbaikan suku cadang yang rusak akibat: 

  • Kesalahan proses produksi. 
  • Kesalahan bahan atau material produk. 
  • Kesalahan konstruksi. 

Garansi ini hanya berlaku untuk motor Honda yang dirawat secara teratur di bengkel resmi Honda atau AHASS di seluruh Indonesia sesuai Jadwal Perawatan Berkala yang telah ditentukan dalam Buku Servis. Apabila motor Honda berpindah tangan, garansi tetap berlaku sepanjang mengikuti ketentuan di Buku servis. 

Karena itu, jangan lupa untuk memercayakan perawatan sepeda motor Honda di AHASS, agar servisnya pasti dan bergaransi dari ahlinya serta yang tak kalah penting suku cadang yang digunakan 100% asli. 

Sumber: https://www.astra-honda.com/article/mudahnya-klaim-garansi-sepeda-motor-honda